Sabtu, 06 Februari 2021

MAKE THINGS HAPPEN Buatlah kesempatan jangan menunggu kesempatan

 


Make things happen, buatlah sesuatu itu terjadi, atau buatlah kesempatan bukan menunggu datangnya kesempatan, bahkan banyak pernyataan “ kesempatan tidak datang dua kali “ seolah kesempatan itu sama sekali tidak dapat kita duga.

 

Kesempatan adalah waktu dimana yang biasanya dicari atau ditunggu dihubungkan dengan harapan atau keinginan seseorang untuk mendapatkan atau untuk melakukan sesuatu, karena sesuatu tindakan yang dilakukan pada waktu yang tepat, diharapkan akan membuahkan hasil yang maksimal.

 

Kesempatan ini biasanya dijadikan alasan untuk tidak melakukan sesuatu padahal sesuatu itu sangat diharapkan dan ditunggu-tunggu, dan dalam banyak hal “ menunggu kesempatan “  ini dijadikan alasan untuk tidak melakukan sesuatu, padahal action tersebut sangatlah penting.

 

Sebagai pebisnis, datangnya kesempatan ini amat sangat penting, karena waktu yang tepat terutama dihubungkan penjualan produk dan jasa ini berkaitan erat dengan omset, artinya dengan hasil penjualan.

 

Saat ini sudah banyak cara mencuri kesempatan ini dipakai oleh pebisnis, misalnya pada bisnis retail, dengan cara kasir selalu memberikan pertanyaan, Apa lagi ? kepada customer pada saat menghitung barang yang sedang dibeli, dengan pertanyaan tersebut diharapkan akan menambah kesempatan itu menjualan barang yang lain.

 

Ada cara yang lebih spesifik yaitu dengan menawarkan langsung produk sponsor, misalnya pada saat kasir menscan barang akan dibeli oleh customer, kasir langsung menanyakan, tidak sekalian isi pulsa ? atau beli ini, sedang ada promo, dan masih sangat banyak cara lainnya.

 

Lah, itu kan di bisnis retail yang variasi produknya sangat beragam, dan dibutuhkan oleh umum kebutuhan hidup sehari-hari, bagaimana bila produk kita ini spasifik, dan tidak semua orang memikirkan atau membutuhkan ? jawabnya selalu ada waktu untuk menciptakan kesempatan.

 

Bagaimana caranya ?

 

Yang paling mengena bisa dengan menanyakan atau menceritakan tentang akibat buruk bila tidak menggunakan produk atau layanan kita ditambah dengan “ dorongan “ promo, misalnya menawarkan bila ambil saat ini akan mendapatkan bonus, atau tambahan lainnya.

 

Contoh konkritnya, misalnya produk kita adalah software, suatu produk yang tidak dapat dilihat dan tidak dapat dirasakan, misalnya software nya adalah software bisnis retail, maka ceritakan resiko yang terjadi terhadap kehilangan barang dan perbedaan stok di toko, tagihan yang tidak tertagih karena tidak tertagih, dan keunggulan misalnya dengan link langsung ke toko online sehingga tokonya bisa berkembang dari toko offline yang konvnsional menjadi toko offline dan online yang terpadu.

 

Apa akibat dari cara diatas, prospek yang tadinya sudah antipatipun bisa jadi berubah pikiran, atau paling tidak mlai memikirkan untuk menggunakan produk anda.

 

Masih banyak cara untuk menciptakan kesempatan, intinya adalah “ Make thing happen “ buat lah sesuatu itu terjadi, buatlah menjadi kesempatan, buatlah menjadi peluang, oke jangan menunggu kesempatan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar